PENGEMBANGAN PAKET INFORMASI ARAH PEMINATAN STUDI LANJUT DALAM BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK SMP

  • DELLA AYU HENDRAWAN

Abstract

Peminatan studi lanjut merupakan salah satu bentuk pelaksanaan kurikulum 2013 dalam bimbingan dan konseling. Pelaksanaannya yang relatif baru serta kurangnya informasi yang diberikan guru kepada peserta didik menyebabkan banyak peserta didik yang kurang paham mengenai arah peminatan studi lanjut. Dari studi pendahuluan tersebut diketahui bahwa para peserta didik selama ini memilih sekolah lanjutan banyak didasarkan pada keinginan orang tua, pertimbangan ekonomi, dan nilai hasil belajar yang telah mereka tempuh. Akibatnya, setelah berada ke jenjang berikutnya mereka seringkali mengalami kesulitan belajar, terjerumus dalam berbagai perilaku terlarang dan masalah pribadi lainnya, sehingga tidak naik kelas/tingkat, pindah jurusan/program studi, pindah satuan pendidikan/perguruan tinggi, atau bahkan putus satuan pendidikan/perguruan tinggi (drop out) (ABKIN : 2013).

Dari latar belakang tersebut menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan informasi sebagai bekal dalam menentukan studi lanjutnya. Untuk itu peneliti mengembangkan sebuah media berupa buku paket yang dapat digunakan siswa sebagai sumber informasi mengenai peminatan studi lanjut. Buku merupakan media yang paling praktis dan mudah digunakan oleh siswa maupun guru dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan dari Borg & Gall yang disederhanakan oleh tim Puslitjaknov, yang dilaksanakan oleh peneliti tanpa tahap uji coba. Data yang diperoleh berupa kuantitatif (skoring angket) dan kualitatif (saran dan komentar) dari ahli bimbingan dan konseling dan Konselor sekolah.

Subyek uji validasi ahli dalam penelitian pengembangan ini adalah ahli bimbingan dan konseling dan konselor SMPN 32 Surabaya sebagai calon pengguna. Produk ini memperoleh rata-rata persentase 87,09% (sangat baik) pada uji validasi materi dan 82,42% (sangat baik) pada uji validasi konselor yang menunjukkan bahwa produk memenuhi kriteria akseptabilitas.

Kata Kunci : Pengembangan, Buku Paket, Peminatan Studi Lanjut

Published
2016-03-31
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 140