PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B DI SMPN 2 KUNJANG KEDIR

  • IGARETTA LUTVIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan kelompok media permainan teka-teki silang untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. bimbingan kelompok media permainan teka-teki silang dijadikan sebagai alternatif bantuan bagi siswa yang memiliki prestasi belajar rendah pada mata pelajaran Matematika. Bimbingan kelompok selain memiliki fungsi pencegahan (preventif) juga memiliki fungsi penyembuhan (kuratif). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B di SMPN 2 Kunjang Kediri yang memiliki prestasi belajar rendah. Dari hasil pre-test ditemukan 6 siswa yang memiliki prestasi belajar rendah diketahui perolehan nilai ulangan berada dibawah kriteria ketuntasan belajar matematika yaitu 73 dengan predikat B-. Setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok media permainan teka-teki silang, hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar dari enam siswa yang ditandai kurang dari kriteria ketuntasan minimum naik melampaui kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah pre-test dan post-test one group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah uji tanda, diketahui nilai paling kecil menjadi Thitung = -15,000 bila (α) taraf kesalahan 5% (uji 2 fihak), maka Ttabel = -2,571 dengan N=6. Demikian (Thitung < Ttabel) atau (- 15,000 < -2,571). Maka disimpulkan bahwa bimbingan kelompok media permainan teka-teki silang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Permainan Teka-teki Silang, Prestasi Belajar

Published
2016-04-04
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 186