PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN SNOWBALL ASERTIF DALAM BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 JATIKALEN

  • PUJI RAHMAWATI

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti di SMPN 1 Jatikalen, terdapat siswa kelas VIII yang membutuhkan pemahaman mengenai perilaku asertif dan belum adanya media dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling materi perilaku asertif. Guru BK menyadari bahwa pemahaman mengenai perilaku asertif sangat penting bagi siswa, namun karena keterbatasan sumber dan media dalam pemberian layanan khususnya layanan bimbingan kelompok menjadikan layanan tidak berjalan dengan maksimal.

Penelitian ini bertujuang untuk mengembangkan seperangkat media permainan Snowball Asertif dalam bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMPN 1 Jatikalen. Produk pengembangan yang dihasilkan terdiri dari dua jenis yaitu media permainan snowball asertif dan buku panduan penggunaan media permainan snowball asertif. Media tersebut dikembangkan dengan memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi kriteria kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall (1983) yang telah disederhanakan oleh tim Puslijaknov.

Hasil penelitian yang diperoleh dari uji validasi ahli bimbingan dan konseling menunjukan aspek kegunaan media permainan snowball asertif sebesar 87,5%, kelayakan 89,6%, ketepatan 82,1%, dan kepatutan 87,5% dengan rata-rata keseluruhan 86,68% (sangat baik, tidak perlu revisi). Hasil dari uji validasi pengguna guru Bimbingan dan Konseling SMPN 1 Jatikalen diperoleh prosentase aspek kegunaan sebesar 100%, kelayakan 95,8%, ketepatan 92,85%, dan kepatutan 95% dengan rata-rata keseluruhan sebesar 95% (sangat baik, tidak perlu revisi). Sedangkan hasil uji validasi ahli bimbingan dan konseling pada buku panduan media permainan snowball asertif diperoleh prosentase sebesar 85,83% (sangat baik, tidak perlu revisi). Hasil uji pengguna guru Bimbingan dan Konseling SMPN 1 Jatikalen pada buku panduan media permainan snowball asertif sebesar 91,67% (sangat baik, tidak perlu revisi). Dengan demikian, media permainan snowball asertif memenuhi kriteria akseptabilitas. 

 

Kata kunci: Media, Permainan, Snowball Asertif, Bimbingan Kelompok

Published
2016-05-03
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 68