PENERAPAN ACCEPTANCE AND COMMITMENT THERAPY UNTUK MENGURANGI  KECEMASAN  SISWA PADA PELAJARAN FISIKA KELAS XI SMAN 3 SURABAYA

  • ANGGIE NURFITRIA SARI

Abstract

Kecemasan merupakan salah satu hal yang pernah dialami oleh individu. Termasuk kecemasan terhadap pelajaran fisika yang dapat terjadi pada siswa jurusan ilmu pengetahuan alam. Kecemasan ini terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep serta rumus yang ada pada pelajaran fisika sehingga ketika mengerjakan soal maupun ujian dapat menyebabkan siswa bingung dan tidak bisa mengerjakan. Ketika siswa mengalami kebingungan dan tidak dapat mengerjakan soal dengan baik, maka nantinya akan berdampak pada nilai siswa.

             Terdapat pendekatan yang dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan, yaitu Acceptance and Commitment Therap. Pendekatan ini menekankan pada penerimaan dan komitmen diri untuk mengurangi kecemasan. Dalam pelaksanaanya, terapi ini menggunakan nilai-nilai kehidupan yang dipunyai individu yang dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan.

Penelitian ini bertujuan menguji penerapan konseling Acceptance and Commitmnet Therapy (ACT) untuk menurunkan kecemasan pada pelajaran fisika. Proses konseling meliputi 6 keterampilan yang dilakukan yaitu acceptance, Cognitive Defusion, Present Moment, Self as Context, Value, Committed Action. Penelitian ini menggunakan pre-test post-test one group design. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 5 siswa yang mengalami kecemasan tinggi pada pelajaran fisika.  Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistic non-parametrik uji tanda. Dari hasil analisis data, didapatkan ρ = 0,031 lebih kecil daripada a = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesisnya yaitu ada penurunan skor kecemasan siswa pada pelajaran fisika kelas XI SMAN 3 Surabaya setelah pemberian perlakuan. Kesimpulannya, konseling ACT dapat menurunkan kecemasan siswa pada pelajaran fisika kelas XI sekolah menengah atas. Dengan demikian, ACT dapat digunakan sebagai alternatif pilihan guru BK untuk membantu siswa mengurangi kecemasan pada pelajaran fisika.

 

Kata Kunci : Acceptance and Commitment Therapy, kecemasan pada pelajaran fisika 

Published
2016-05-03
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 379