PENGEMBANGAN SOFTWARE PEMILIHAN KARIER DENGAN TIPOLOGI HOLLAND UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI SMP NEGERI 4 LAMONGAN

  • FITRI ELIYANTI

Abstract

Dari hasil wawancara dengan guru Bimbingan dan Konseling dan siswa diperoleh informasi bahwa siswa masih bingung memilih SMA atau SMK dan jika memilih SMK jurusan apa yang akan dipilihnya. Mereka lebih cenderung memilih sekolah dimana temannya juga bersekolah. Hal ini menyebabkan kurang sesuainya pendidikan yang akan ditempuh dengan potensi yang dimiliki, hal tersebut akan menyebabkan siswa mengalami masalah pada saat mereka memasuki sekolah tersebut. Guru BK SMP Negeri 4 Lamongan selama ini menggunakan instrumen yang berupa angket. Dari penjelasan guru BK dari penyebaran angket tersbut hasil yang diperoleh kurang maksimal dikarenakan siswa tidak bersungguh-sungguh dalam pengerjaannya. Banyak siswa menilai mengisi angket itu membosankan dan membuat mereka malas. Oleh karena itu, dikembangkan alat ukur yang berbentuk software pemilihan karier dengan tipologi Holland untuk SMP beserta buku panduan penggunaannya yang memnuhi kriteria keberterimaan (kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan).

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall (1983) dalam (Setyosari, 2012). Terdapat tiga tahap pengembangan yaitu tahap pra pengembangan, pengembangan, dan pasca pengembangan. Teknik analisis data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan dan menarik kesimpulan. Sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus-rumus statistik untuk mencari koefisien validitas instrumen pemilihan  karier menggunakan rumus koefisien korelasi product moment dari pearson, sedangkan untuk menghitung koefisien reliabilitas digunakan teknik belah dua (split halve method) dari Spearman Brown serta uji keberterimaan software pemilihan karier dengan tipologi Holland dan buku panduan penggunaannya menggunakan rumus statistik deskriptif dengan penyajiannya dalam bentuk presentase.

Dalam penelitian pengembangan ini, didapatkan bentuk instrumen pemilihan karier dengan tipologi Holland yang memiliki validitas yang tinggi, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan validitas terhadap 72 item pernyataan , semuanya dinyatakan  valid dan juga didapatkan bentuk instrumen pemilihan karier yang memiliki reliabilitas yang tinggi. Berdasarkan kriteria tinggi rendahnya tingkatan koefisien reliabilitas skor 0,897 dinyatakan instrumen pemilihan karier dengan tipologi Holland ini memiliki reliabilitas yang tinggi, sedangkan hasil penilaian uji ahli materi, ahli media, ahli praktisi, dan ahli lapangan (siswa) dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: (1) komponen buku panduan, (2) komponen materi/ isi software pemilihan karier dengan tipologi Holland, dan komponen software pemilihan karier dengan tipologi Holland, presentase nilai yang diperoleh sebesar 81,4525% atau 82% (dibulatkan) termasuk kategori sangat baik (81%  – 100%) tidak perlu direvisi menurut kriteria penilaian Mustaji (2005). Dengan demikian produk telah memenuhi kriteria keberterimaan.

 

Kata kunci : Software, Pemilihan Karier             

 

Published
2016-05-10
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 131