PENERAPAN MEDIA FLASH TENTANG TATA TERTIB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEMANDIRIAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL AMANAH JUNWANGI KRIAN  

  • ERIZA EKA NISWARA

Abstract

Usaha mempersiapkan remaja menghadapi masa depan yang kompleks, salah satunya dengan mengembangan pengetahuan tentang kemandirian. Pemahaman ini dapat diperoleh melalui berbagai informasi yang dibutuhkan dan dapat diberikan melalui layanan informasi dalam bidang pribadi. Dalam memberikan informasi dapat diikuti dengan memanfaatkan media yang menarik. Yaitu contohnyan media flash. Dalam layanan informasi merupakan salah satu layanan yang bertujuan untuk membantu individu mengenal, merencanakan dan mengembangankan pribadi yang lebih baik lagi, khususnya pada pribadi yang mandiri. Peneliti memberikan layanan informasi yang menarik dn memanfaatkan media flash (adobe flash). Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen (kuantitatif) dengan jenis one group pre-test post-test dalam pemberian layanan informasi tentang tata tertib sebagai bentuk perlakuan. Subjek penelitian ini adalah 33 santri yang mengalami pemahaman kemandirian rendah.

                Analisis data penelitian ini menggunakan statistik non parametrik dengan analisis uji tanda. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa p= 0,214 lebih kecil dibandingkan dengan a = 0,05 dengan demikian Ho diterima dengan Ha ditolak sehingga ada perbedaan tingkat pemahaman kemandirian antara sebelum dan sesudajh diberikan perlakuan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media flash tentang tata tertib dapat meningkatkan pemahaman kemandirian santri pondok pesantren al amanah junwangi krian.

 

 

Kata kunci: Media Flash,  Tata Tertib, dan Pemahaman Kemandirian

Published
2016-05-10
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 66