PERILAKU SISWA YANG TIDAK DIKEHENDAKI (OFF TASK BEHAVIOR) DAN PENANGANAN KONSELOR DI SDIT AT-TAQWA SURABAYA

  • MAUFUROTUS SHOFUHAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang bentuk-bentuk, faktor penyebab, penanganan konselor dan hambatan yang dialami konselor dalam menangani perilaku off task siswa di SDIT At-Taqwa Surabaya. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 2 (dua) konselor, 7 (tujuh) guru kelas, 3 (tiga) guru mata pelajaran, dan 7 (tujuh) siswa yang memiliki perilaku off task. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku off task siswa yang terjadi di SDIT At-Taqwa Surabaya yaitu berjalan-jalan di dalam kelas, berbicara dengan temannya, bermain alat tulis seperti pensil, pulpen, penghapus atau penggaris, bermain kertas, tidak memperhatikan penjelasan guru, meletakkan kepala di atas meja, membuat gaduh, naik ke atas kursi, keluar masuk kelas, bercanda dengan temannya, menggambar di kertas, mencoret-coret meja, membuka buku pelajaran lain, mengerjakan PR. Penyebab siswa melakukan perilaku off task terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi adaptasi sekolah dan kesulitan dalam pelajaran. Sedangkan faktor eksternal yang mendasari munculnya perilaku off task siswa yaitu pengaruh dari teman dan kurangnya perhatian dari guru. Ada berbagai macam penanganan yang dilakukan oleh konselor, diantaranya adalah menegur atau mengingatkan dengan memberi nasihat, selain itu untuk menangani perilaku off task siswa konselor berkolaborasi dengan guru kelas dan guru mata pelajaran menerapkan teori pengkondisian operan dengan menggunakan teknik penguatan dan teknik hukuman. Hambatan yang dihadapi konselor adalah keterbatasan pemberian layanan konseling secara langsung dan masih sulitnya mengontrol sikap siswa SD karena belum memiliki keajegan dan masih butuh bantuan dari guru dan orang tua.

 

Kata kunci           : perilaku off task, penanganan konselor

Published
2016-05-16
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 326