PENERAPAN TEKNIK DISKUSI DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 1 SAMPUNG PONOROGO

  • WAWAN BUDIYANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, yang digunakan untuk meningkatkan percaya diri mengemukakan pendapat, pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Sampung, ,sehingga siswa dapat meningkatkan percaya diri nya, dan mencapai perubahan positif untuk menjadi orang yang lebih baik melalui metode yang efektif yaitu teknik diskusi Penelitian ini menggunakan rancangan preexperimental design dengan One Group pre-test pos-test Design. Metode pengumpul data yang digunakan berupa angket tertutup. Subyek penelitian diambil 8 siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Sampung, Ponorogo yang memiliki percaya diri mengemukakan pendapa trendah. Teknik analisis  data yang digunakan adalah uji tanda. Dari analisis uji tanda diperoleh 8 tanda yang menunjukan tanda positif (+) maka N (banyaknya tanda  yang  menunjukan adanya perbedaan)  adalah 8 dan x (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0, kemudian dikonsultasikan pada table tes binominal dengan ketentuan  N= 8 dan  x =0, maka di peroleh p = 0,004 jika taraf kesalahan 5% adalah 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,04 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Sampung, Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan skor positif dan signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi.

 

Kata kunci :Bimbingan Kelompok, teknik diskusi, dan Percaya diri, mengemukakan pendapat. 

Published
2016-05-16
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 37