PENGEMBANGAN MEDIA BLOG PEMAHAMAN DIRI DALAM BIMBINGAN PRIBADI UNTUK SISWA KELAS X SMK DR. SOETOMO SURABAYA

  • BIMA SISWAHYU BHASKORO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media yang dapat membantu siswa menggali informasi mengenai pemahaman diri walau tidak ada jam masuk guru BK di kelas. Media yang digunakan yaitu blog sebagai salah satu media yang banyak disegani banyak orang dan memenuhi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Hal ini sesuai dengan model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh  Borg & Gall (1983) yang disederhanakan oleh tim Puslitjaknov (2008).

Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan oleh kedua ahli materi dari dosen Bimbingan dan Konseling, media blog pemahaman diri beserta buku panduan penggunaan yang telah menjadi produk penelitian ini memperoleh persentase dengan aspek kegunaan sebesar 90%, aspek kelayakan sebesar 90,6%, aspek kepatutan sebesar 93,7% aspek ketepatan sebesar 90,8%, beserta rata-rata keseluruhan aspek dari kedua ahli materi sebesar 91,27%. Sedangkan untuk hasil uji calon pengguna produk yang dilakukan oleh guru BK SMK Dr. Soetomo Surabaya, produk ini memperoleh persentase aspek kegunaan sebesar 87,5% kelayakan sebesar 91,1%, kepatutan sebesar 91,7% dan ketepatan sebesar 90%. Rata-rata keseluruhan kriteria sebesar 90,1%. Berdasarkan kriteria kelayakan produk menurut Mustaji (2005), hasil tersebut juga telah memenuhi kriteria sangat baik dan tidak perlu direvisi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media blog pemahaman diri beserta buku panduan penggunaan media blog pemahaman diri telah memenuhi kriteria akseptabilitas.

Kata kunci: media blog, Pemahaman diri. 

Published
2016-05-16
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 274