PENGEMBANGAN SOFTWARE REKOMENDASI PEMINATAN AKADEMIK UNTUK SISWA SMP

  • NANDA SETYA PERMADI

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo melalui wawancara kepada lima guru BK, didapatkan permasalahan bahwa guru BK mengalami kesulitan dalam membuat rekomendasi peminatan  untuk peserta didik SMP yang akan meneruskan studi lanjutnya di SMA, karena nilai rapor yang menggunakan skala 1-4, konselor cenderung membuat rekomendasi yang dinilai subyektif serta belum ada software yang tepat dalam merekomendasikan peserta didik.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa software rekomendasi peminatan akademik untuk siswa SMP yang memenuhi kriteria akseptabilitas. Media ini adalah software yang dapat mengolah data dan memaparkan data dalam bentuk cetak yang dinamakan surat rekomendasi peminatan. Rekomendasi peminatan ini menggunakan aplikasi berformat .exe serta mempertimbangkan aspek yang sesuai dengan Pelayanan Arah Peminatan Peserta Didik.

Hasil penelitian menerangkan bahwa software rekomendasi peminatan akademik untuk siswa SMP memenuhi syarat kriteria akseptabilitas. Penilaian akseptabilitas dari validator ahli bimbingan dan konseling  adalah aspek kegunaan memperoleh penilaian (100%). Aspek kelayakan memperoleh penilaian (94,15%). Aspek ketepatan memperoleh penilaian (92,8%). Aspek kepatutan memperoleh penilaian (95%). Rata-rata penilaian ahli bimbingan dan konseling sebesar (95,85%) dengan predikat “sangat baik, tidak perlu direvisi”.  Penilaian akseptabilitas saat konsultasi media, secara keseluruhan software rekomendasi peminatan akademik untuk siswa SMP mendapatkan persentase sebesar (81,1%) dengan predikat “sangat baik, tidak perlu direvisi”. Penilaian akseptabilitas dari ahli lapangan, berasal dari kelima guru BK SMPN 1 Waru  adalah aspek kegunaan memperoleh penilaian (87,5%). Aspek kelayakan memperoleh penilaian (84,32%). Aspek ketepatan memperoleh penilaian (81,42%). Aspek kepatutan memperoleh penilaian (85%). Rata-rata penilaian siswa sebesar (84,56%) dengan predikat “sangat baik, tidak perlu direvisi”.  Berdasarkan penilaian tersebut maka software rekomendasi peminatan akademik untuk siswa SMP memenuhi kriteria akseptabilitas dan dapat digunakan di sekolah. 

 

Kata Kunci : Pengembangan, Software Rekomendasi Peminatan Akademik, Siswa SMP.

Published
2016-05-17
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 21