PENGEMBANGAN PAKET INTERAKSI SOSIAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH

  • ISHLAKHATUS SAIDAH

Abstract

Kurangnya informasi mengenai permainan-permainan yang bisa digunakan dalam pemberian layanan, membuat guru BK tetap menggunakan teknik tradisional berupa ceramah dan diskusi. Oleh karena itu, perlu adanya sumber acuan permainan sebagai sumber informasi guru BK dalam memberikan layanan dengan teknik bermain yang mengoptimalkan interaksi sosial.Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini pun bertujuan untuk menghasilkan paket permainan interaksi sosial yang dapat digunakam guru dalam melakukan pelayanan kepada siswa sekolah menengah yang memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Hal ini sesuai dengan model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh tim Puslitjaknov (2008)

Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan oleh dua ahli Bimbingan dan Konseling, paket permainan interaksi sosial untuk siswa sekolah menengah yang telah menjadi produk penelitian ini memperoleh persentase dengan kriteria kegunaan sebesar 93,75%, kriteria kelayakan sebesar 95%, kriteria kepatutan sebesar 100%, dan kriteria ketepatan sebesar 98,93%. Rata-rata keseluruhan kriteria sebesar 96,92%. Berdasarkan kriteria kelayakan produk, hasil tersebut telah memenuhi kriteria sangat baik dan tidak perlu direvisi. Sedangkan untuk hasil uji calon pengguna produk yang dilakukan oleh guru BK SMPN 1 Kamal Bangkalan dan guru BK SMAN 22 Surabaya, produk ini memperoleh persentase kriteria kegunaan sebesar 100%, kriteria kelayakan sebesar 93,75%, kriteria kepatutan sebesar 90,63%, dan kriteria ketepatan sebesar 96,88%. Rata-rata keseluruhan kriteria sebesar 95,32%. Berdasarkan kriteria kelayakan produk menurut Mustaji (2005), hasil tersebut juga telah memenuhi kriteria sangat baik dan tidak perlu direvisi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa paket permainan interaksi sosial untuk siswa sekolah menengah telah memenuhi kriteria akseptabilitas.

 

Kata kunci: Paket Permainan, Interaksi sosial.

Published
2016-05-17
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 62