PENGEMBANGAN MEDIA SOSIALISASI BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS SOFTWARE DALAM LAYANAN ORIENTASI BAGI SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • GUSTI AYU AKILIL

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti melalui wawancara pada guru BK di SMP Negeri 1, SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 3 Trenggalek menyatakan bahwa belum terdapat media yang digunakan untuk mensosialisasikan bimbingan dan konseling dalam layanan orientasi bagi kelas VII  khususnya dalam bentuk software, selama ini guru BK hanya menggunakan lembar kerja siswa BK (LKS BK) yang disusun oleh Tim MGBK se kabupaten Trenggalek untuk memberikan informasi sosialisasi BK.

                Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan produk berupa media sosialisasi bimbingan dan konseling berbasis software yang dikemas dengan menarik dengan konsep permainan minion rush. Media yang dikembangkan berisi materi dasar-dasar bimbingan dan konseling dengan bahasa yang sederhana dan komunikatif sehingga siswa lebih mudah untuk memahaminya.

                Prosedur pengembangan dari penelitian ini mengacu pada Borg and Gall (1983) yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov (2008), prosedur tersebut digunakan sesuai kebutuhan peneliti untuk menghasilkan produk yang memenuhi kriteria akseptabilitas.

                Hasil uji validasi dari ahli materi bimbingan dan konseling diperoleh rata-rata prosentase aspek kegunaan  91%, aspek kelayakan 94%, aspek ketepatan 87%, aspek kepatutan 87%. Rata-rata penilaian keseluruhan yaitu 90% dan hasil rata-rata  penilaian buku panduan diperoleh 88%. Hasil penilaian akseptabilitas saat konsultasi media, secara keseluruhan software sosialisasi bimbingan dan konseling bagi siswa kelas VII SMP mendapatkan persentase sebesar 71%  dan hasil penilaian buku panduan diperoleh 73%. Hasil uji validasi ahli lapangan (Guru BK) SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 6 Trenggalek diperoleh rata-rata aspek kegunaan 91%, aspek kelayakan 88%, aspek ketepatan 89%, aspek kepatutan 90%. Rata-rata penilaian keseluruhan yang diperoleh yaitu 89% dan rata-rata prosentase buku panduan 89%. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media sosialisasi bimbingan dan konseling bagi siswa kelas VII SMP memenuhi kriteria akseptabilitas dan dapat digunakan disekolah.

 

Kata kunci : media, sosialisasi bimbingan dan konseling

Published
2016-05-17
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 62