PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK TOCEN ECONOMY UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI ROGOJAMPI

  • Rohimatul Afifah

Abstract

Perilaku merupakan hasil interaksi individu dengan individu yang lain ataupun kelompok yang saling mempengaruhi satu sama lain. Perilaku ini meliputi persepsi, sikap dan praktik terhadap keadaan lingkungan baik dari factor diri maupun luar serta unsur-unsur yang terkait didalamnya. Membolos merupakan perilaku siswa tidak masuk sekolah tanpa keterangan izin dari pihak sekolah. Sehingga mengakibatkan perilaku hasil belajar yang salah dan kurang tepat karena perilaku yang timbul berdampak negative untuk individu dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya penurunan frekuensi membolos siswa kelas VIII antara sebelum dan sesudah diberikan konseling individu teknik tocen economy.

Rancangan  penelitian menggunakan quasi experiment dengan jenis single case experimental design. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa dari kelas VIII MTS Negeri Rogojampi. Untuk memperoleh data digunakan alat pengumpul data berupa absensi dan laporan MID Semester Siswa Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan perubahan level dan slope siswa terlihat dalam proses analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik time series analysis yang mana diperoleh pada subjek nomor satu pada fase baseline jumlah frekuensi perilaku membolos yaitu sebanyak 7 kali dengan rata-rata fase baseline adalah 1,17, lalu menurun pada fase treatmen sebanyak 2 kali dengan mean fase treatmen adalah 0.5. sedangkan pada subjek nomor dua pada fase baseline perilaku membolosnya berjumlah 9 kali dengan rata-rata fase baseline 1.29 lalu menurun pada fase treatmen yaitu 1 kali dengan rata-rata fase treatmen 0.25. Dengan demikian konseling individu dengan teknik tocen economy dapat mengurangi perilaku membolos  siswa kelas VIII MTs Negeri Rogojampi.

 

Kata Kunci: konseling individu, teknik tocen economy, perilaku membolos

Published
2016-05-17
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 143