PENGEMBANGAN MEDIA CAREER CARD UNTUK PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS VIII SMPN 40 SURABAYA

  • MIMBAR OKTAVIANA

Abstract

Berdasarkan kasus yang ditemukan di media masa diketahui bahwa perencanaan karir sedini mungkin diperlukan untuk masa depan siswa. Dan dari studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 40 Surabaya melalui wawancara kepada siswa dan konselor ditemukan permasalahan bahwa siswa membutuhkan informasi tentang  jenis-jenis pekerjaan dan pemahaman diri  untuk menentukan langkah selanjutnya dalam mencapai cita-cita yang dimiliki serta kurangnya media dalam penyampaian layanan kepada siswa. Oleh karena itu, pengembangan media dalam memberikan layanan kepada siswa tentang perencanaan karir siswa perlu dilakukan.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk  berupa media Career Card untuk perencanaan karir siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Surabaya yang memenuhi kriteria akseptabilitas (kegunaan, kelayakan, kepatutan dan ketepatan). Produk pengembangan yang dihasilkan terdiri dari: (1) Media Career Card, dan (2) buku panduan Career Card.

            Penelitian ini menggunakan model pengembangan Brog & Gall (1983) yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Produk yang dikembangkan hanya sebatas pada tahap uji pengguna rangkaian model pengembangan sebagai berikut: (1) Analisis Produk, (2) Mengembangkan Produk Awal, (3) Konsultasi dengan ahli media, (4) Uji Validasi Ahli, (5) Uji Validasi Pengguna. Instrumen penilaian ini berupa angket.

            Hasil penelitian yang diperoleh dari dua ahli bimbingan dan konseling sebesar 87%  dengan prosentase kriteria kegunaan 87,5%, kelayakan 83,33%, kepatutan 87,50%, ketepatan 87,50%. Sedangkan berdasarkan uji pengguna guru BK diperoleh skor sebesar 87% kategori “sangat baik, tidak perlu revisi” dengan prosentase kriteria kegunaan 91,67%, kelayakan 75%,  kepatutan 96,43%, ketepatan 83,33%.  Dengan demikian media Career Card telah memenuhi kriteria akseptabilitas.

Kata Kunci     : Buku Panduan, Media Career Card, Perencanaan Karir

Published
2016-05-19
Abstract Views: 140
PDF Downloads: 208