PENERAPAN STRATEGI COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENURUNKAN PERSEPSI NEGATIF TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 1 KARANGREJO TULUNGAGUNG

  • MOH.VINDA.FAJARUDIN

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dengan konselor sekolah. Setiap siswa mempunyai persepsi yang berbeda terhadap konselor sekolah, khususnya terhadap pelaksanaan progam BK di sekolah. Persepsi siswa terhadap pelaksanaan progam BK di sekolah dapat terjadi ketika siswa tersebut merasakan pelaksanaan progam BK di sekolahnya kurang optimal. Maksudnya adalah konselor memang sudah melaksanakan layanan BK serta aplikasi pendukungnya, tetapi hanya dilaksanakan beberapa saja sehingga mempengaruhi persepsi siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi cognitive restructuring dapat menurunkan persepsi negatif siswa terhadap pelaksanaan program bimbingan dan konseling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik non parametis karena datanya kuantitatif dan data yang disajikan berbentuk ordinal serta berdistribusi normal dengan menggunakan metode uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan diketahui bahwa T hitung = 0 dan n = 10 dengan taraf signifikan 0,05% maka T tabel = 8 jadi T hitung < T tabel. Dengan demikian cognitive restructuring dapat menurunkan persepsi negatif terhadap pelaksanaan program bimbingan dan konseling pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung.

 

Kata kunci: Strategi cognitive restructuring, Persepsi negatif, Pelaksanaan Program bimbingan dan konseling.

Published
2016-05-19
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 155