PENERAPAN BMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU PACARAN TIDAK SEHAT PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 SUMBEREJO

  • ALFA AINUL ANAM

Abstract

Pacaran yang tidak sehat membawa dampak diantaranya memicu perilaku seks bebas pada remaja/siswaMemungkinkan siswa tersebut hamil di luar nikah, dan memicu tindakan aborsi (menggugurkan kandungannya). Selain itu,  dari perilaku pacaran yang tidak sehat adalah menularnya virus HIV/AIDS akibat yang ditimbulkan dari seks bebas dan timbulnya penyakit kelamin lainnya Karena pacaran tidak sehat memberikan dampak yang negatif bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku pacaran tidak sehat di kelas XI SMAN 1 Sumberejo. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa pre-test and post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan wawancara untuk mengetahui tingkat perilaku pacaran tidak sehat siswa kelas XI SMAN 1 Sumberejo. Subyek dalam penelitian ini adalah 9 siswa kelas XI SMAN 1 Sumberejo yang teridentifikasi memiliki skor perilaku pacaran tidak sehat yang tinggi.

Teknik analisis data yang digunakan yaitu non parametrik dengan analisis statistik uji tanda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh ρ = 0,004 dengan taraf kesalahan α = 5% atau 0,05 maka ρ < α. Hasil uji statistik ada perbedaan skor pre-test dan post-test setelah dikonsultasikan dengan tabel terdapat mean 118,47, dan SD 51,13 dan terdapat skor rendah 65-95, sedang 96-121,57, dan tinggi 122-155. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yang berbunyi “Penerapan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat mengurangi perilaku pacaran tidak sehat pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumberejo”, dapat diterima. Dengan demikian ada perbedaan tingkat perilaku pacaran tidak sehat siswa antara sebelum dan setelah bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumberejo.

 

Kata Kunci: Bimbingan kelompok, tehnik sosiodrama, perilaku pacaran    tidak sehat

Published
2016-05-19
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 146