PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI MODELING UNTUK MENGATASI SISWA YANG TERISOLASI KELAS X DI SMAN 1 KUTOREJO MOJOKERTO

  • ABBED WAHYU TRI PURNOMO PUTRO

Abstract

Pada hakikatnya didalam proses belajar siswa tidak akan terlepas dari interaksi dan komunikasi, antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan lingkungan belajar. Mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya membangun pola interaksi dan komunikasi yang harmonis. Kegagalan membangun keterampilan sosial akan mengakibatkan siswa terisolasi. Karena keterampilan sosial merupakan suatu kemampuan yang kompleks untuk melakukan perbuatan yang akan diterima dan menghindari perilaku yang akan ditolak oleh lingkungan.siswa terisolasi adalah siswa yang tidak memiliki teman atau dengan kata lain terasingkan karena jarang dipilih oleh teman dan mendapatkan penolakan dari kelompoknya sehingga siswa yang terisolasi memiliki hubungan sosial yang kurang baik.

Berdasarkan observasi dan hasil sosiometri yang telah dilakukan oleh konselor sekolah di SMA Negeri 1 Kutorejo, Mojokerto, didapatkan hasil untuk masing-masing kelas dari kelas X1 sampai dengan X8 diambil secara acak salah satu kelas X maka ada sekitar 2 siswa dalam setiap kelas yang mengalami keterisolasian, jika dalam prosentase yang didapatkan rumus jumlah siswa yang terisolasi dibagi jumlah siswa di kelas X dikalikan 100%, maka setiap kelas terdapat 7% siswa yang terisolasi.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan pre test dan post test one group design. Dalam penelitian ini subjek penelitian yang digunakan adalah kelas X SMA Negeri Kutorejo Mojokerto melalui teknik sosiometri dan ditemukan 8 siswa yang terisolasi. Teknik yang digunakan adalah rumus Uji Tanda (Sign Test).

Nilai dari hasil analisis data menunjukkan perbedaan antara pre test dan post test yaitu hasil perhitungannya diperoleh N=8 dan x=0, maka diperoleh ρ=0,004. Harga ini lebih kecil daripada α=0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesisnya adalah “Ada perubahan tingkat terisolasi siswa di kelas X SMA Negeri Kutorejo Mojokerto antara sebelum dan sesudah diterapkan konseling kelompok teknik modeling”.

Kata kunci : Konseling kelompok modeling, siswa terisolasi

Published
2016-05-19
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 74