PENGEMBANGAN MODUL PERENCANAAN KARIR UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SURABAYA

  • HANIK MASLUCHAH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa siswa SMA belum mampu merencanakan karirnya. Terlihat dari berbagai masalah baik yang berkaitan dengan pemilihan jenis studi lanjutan, pemilihan rencana pekerjaan, maupun yang berkaitan dengan ketidaksiapan para lulusan SMA dalam memasuki pendidikan lanjutan atau dunia kerja. Karena itulah perlu adanya informasi yang tepat untuk siswa, salah satunya melalui modul.

Penelitian pengembangan modul perencanaan karir untuk siswa kelas XI SMA Negeri 7 Surabaya bertujuan untuk membantu siswa dalam membuat perencanaan karir secara matang dan mandiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall  (1983) yang telah disederhanakan oleh Tim Pusat Penelitian Kebijakan Inovasi Pendidikan (Puslitjaknov) menjadi lima tahapan, yang dilaksanakan peneliti tanpa tahap uji coba. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif deskripstif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket untuk melakukan validasi pada uji ahli dan calon pengguna produk.

Berdasarkan hasil uji validasi modul perencanaan karir kepada kedua ahli Bimbingan dan Konseling sebagai ahli materi diperoleh prosentase rata-rata keseluruhan kriteria sebesar 95.54%, untuk prosentaase rata-rata yang diperoleh dari ahli media adalah sebesar 75%. Sedangkan hasil dari uji calon pengguna menunjukkan bahwa modul perencanaan karir ini memenuhi kriteria keseluruhan kriteria sebesar 96,14%.

Sehingga keseluruhan perolehan prosentase hasil uji validasi ahli baik dari ahli materi, media dan calon pengguna jika dibandingkan dengan kriteria akseptabilitas produk menurut Mustaji (2005:102) adalah sangat baik dan tidak perlu direvisi serta memenuhi kriteria akseptabilitas berupa aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.

 

Kata kunci : Pengembangan, Modul, Perencanaan Karir 

Published
2016-05-19
Abstract Views: 213
PDF Downloads: 666