PENGEMBANGAN APLIKASI PENURUNAN KEJENUHAN BELAJAR BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SMPN 3 BABAT

  • SUTAM BAYU ARIRAHMANTO

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyaknya kasus siswa mengalami kejenuhan belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku siswa yang mengganggu temannya saat pelajaran berlangsung, acuh terhadap pelajaran, sering izin untuk keluar kelas, dan masih banyak lagi. Berawal dari permasalahan itulah perlu adanya sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh siswa untuk mengurangi tingkat kejenuhan belajar.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan R&D (Research and development) atau penelitian pengembangan, yang menghasilkan suatu produk dengan mengadaptasi metode dari Borg and Gall yang disederhanakan oleh Tim Pulitjaknov. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi berbasis android yang berisikan materi serta cara mengatasi kejenuhan belajar sehingga dapat digunakan oleh siswa SMPN 3 Babat. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah aplikasi penurunan kejenuhan belajar berbasis android yang memenuhi kriteria akseptabilitas (Committee, Joint : 1991).

Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi menunjukkan bahwa aplikasi penurunan kejenuhan belajar berbasis android untuk Ahli materi menunjukkan prosentase kegunaan dengan hasil penilaian 97%, kelayakan dengan hasil penilaian 93%, ketepatan dengan hasil penilaian 87,5%, dan kepatutan dengan hasil penilaian 87,5%, dengan jumlah skor rata-rata 88,90% yang termasuk kategori sangat baik dan tidak perlu direvisi. Selain itu dari Ahli Media menunjukkan prosentase 92% dan Calon pengguna menunjukkan prosentase kegunaan dengan hasil penilaian 87,5%, kelayakan dengan hasil penilaian 93%, ketepatan dengan hasil penilaian 95%, dan kepatutan dengan hasil penilaian 100%, dengan jumlah skor rata-rata 93,75% yang termasuk kategori sangat baik dan tidak perlu direvisi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  aplikasi penurunan kejenuhan belajar berbasis android memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan untuk diberikan kepada siswa SMPN 3 Babat

 

Kata kunci : Pengembangan, Aplikasi, Android, Kejenuhan Belajar

Published
2016-05-19
Abstract Views: 738
PDF Downloads: 1110