PEMANFAATAN CINEMA THERAPY DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK PEMAHAMAN TENTANG MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MENGANTI

  • ENDAH SULISTYOWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Cinema Therapy untuk meningkatkan pemahaman tentang perilaku prososial siswa kelas 8 di SMP N 2 Menganti. Indikator perilaku prososial meliputi membagi, kerjasama, menolong, kejujuran, dan kedermawanan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket perilaku prososial siswa untuk memperoleh data tingkat perilaku prososial siswa kelas 8 di SMP N 2 Menganti. Subyek dalam penelitian ini adalah 9 siswa dari kelas 8 A yang memiliki skor perilaku prososial kategori rendah dan sedang. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametik analisis uji tanda. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai ρ = 0,002 lebih kecil dari α = 0,05. berdasarkan hasil ini maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan diketahui rata-rata pre-test 136,11 dan rata-rata post-test 161,22. Hipotesis penelitian ini yang berbunyi” pemanfaatan cinema therapy dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan pemahaman tentang perilaku prososial siswa kelas 8 di SMP N 2 Menganti” dapat diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan cinema therapy dapat meningkatkan pemahaman tentang perilaku prososial siswa kelas 8 di  SMP N 2 Menganti.

kata kunci : Bimbingan kelompok, Cinema Therapy, Pemahaman Perilaku prososial  

Published
2016-05-19
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 251