PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGNAN PRANIKAH UNTUK MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING

  • AGUSTINA ANDRIANI

Abstract

Pengembangan ini berawal dari kurangnya informasi mengenai bimbingan pranikah yang dialami oleh mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Surabaya. Bimbingan pranikah sangat dibutuhkan di dalam perguruan tinggi karena bimbingan pranikah masuk kedalam standart kompetensi BK di perguruan tinggi pada point ke sebelas. Berawal dari permasalahan tersebut perlu adanya sebuah paket yang dapat digunakan oleh mahasiswa guna memperoleh informasi mengenai bimbingan pranikah.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan R&D (Research and development) atau penelitian pengembangan, yang menghasilkan suatu produk dengan mengadaptasi metode dari Borg & Gall yang disederhanakan oelh Tim Pulitjaknov. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah peket bimbingan pranikah sehingga dapat digunakan oleh mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah paket bimbingan pranikah yang memenuhi kriteria akseptabillitas (Committee, Joint : 1991).

Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi menunjukkan bahwa paket bimbingan pranikah untuk Ahli Materi I menunjukan prosentase 94,25%, Ahli Materi II menunjukan prosentase 89,5% sehingga rata-rata yaang diperoleh dari uji Ahli Materi adalah 91,86%, sehingga termasuk dalam kriteria kelayakan dengan predikat sangat layak dan tidak perlu direvisi. Selain itu, Ahli Media menunjukan prosentase kelayakan 86,7% sehingga termasuk dalam kriteria kelayakan dengan predikat sangat layak dan tidak perlu direvisi dan Calon Pengguna I menunjukan prosentase 17,6%, Calon Pengguna II menunjukan proentase 96,8%, Calon Pengguna III menunjukan prosentase 97,6%, dan Calon Pengguna IV menunjukan prosentase 96,8% sehingga rata-rata nilai dari Calon Pengguna adalah 91,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  paket bimbingan pranikah memenuhi kriteria akseptabilitas dan layak untuk diberikan kepada mahasiswa Bimbingan dan Konseling.

Kata Kunci : Pengembangan, paket, bimbingan pranikah

Published
2016-05-19
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 49