PENGEMBANGAN PAKET KEMANDIRIAN BELAJAR UNTUK SISWA KELAS VII  MTs DARUL ULUM SIDOARJO

  • PUTRI RIMBAWANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang disusun untuk mendukung layanan Bimbingan dan Konseling khususnya dalam bidang bimbingan belajar di Sekolah Menengah Pertama. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang disesuaikan dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Barg and Gall yang telah disederhanakan oleh Puslitjaknov (2008) menjadi lima tahap, namun karena keterbatasan peneliti, maka tahap yang dilaksanakan hanya sampai pada tiga tahap yaitu analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi.

Dari hasil tahapan yang dilaksanakan, diperoleh data kuantitatif dan kualitatif berupa saran, masukan terhadap produk yang dikembangkan. Hasil uji validasi ahli Bimbingan dan Konseling diperoleh rata-rata prosentase aspek kegunaan paket kemandirian belajar sebesar 89,6%, kelayakan sebesar 97,3%, ketepatan sebesar 91,7% dan kepatutan sebesar 93,8%. Sedangkan dari hasil uji validasi calon pengguna diperoleh rata-rata prosentase aspek kegunaan sebesar 83,3%, kelayakan sebesar 76,79%, ketepatan sebesar 81,25%, dan kepatutan sebesar 84,38%. Hasil penelitian tersebut apabila dibandingkan dengan kriteria akseptabilitas menurut Mustaji (2005:102) adalah sangat baik dan tidak perlu direvisi. Jadi dapat disimpulkan bahwa paket kemandirian belajar untuk siswa kelas VII MTs Darul Ulum Sidoarjo memenuhi kriteria akseptabilitas dengan kriteria sangat baik dan dapat digunakan dalam bimbingan belajar di sekolah. 

 

Kata Kunci : Pengembangan, Paket, Kemandirian Belajar

 

Published
2016-05-19
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 27