PENERAPAN STRATEGI PENGELOLAAN DIRI (SELF-MANAGEMENT) UNTUK MENGURANGI KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 PANDAAN

  • Rury Indah Swastika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kecanduan media sosial yang terjadi di masyarakat, khususnya pada remaja., salah satunya yang terjadi di SMAN 1 Pandaan. Adapun hasil need assessment berupa observasi secara langsung dan mendengarkan beberapa laporan dari guru mata pelajaran serta mewawancarai guru BK. Karena itulah perlu adanya perlakuan untuk mengurangi siswa yang kecanduan media sosial, yaitu menggunakan strategi self-management.

Penerapan strategi self-management untuk mengurangi kecanduan media sosial pada siswa di SMA merupakan bentuk penerapan strategi agar siswa mampu mengelola waktunya dengan baik. Strategi ini mengajarkan siswa untuk dapat memonitor dirinya sendiri, memberikan stimulus control pada dirinya sendiri, dan memberikan self reward pada dirinya sendiri ketika mampu merubah perilakunya menjadi lebih baik.

Penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimental design dengan pre-test and post-test one group design. Tujuan penerapan ini adalah mengurangi tingkat kecanduan siswa pada media sosial.

Hasil peneliti menunjukkan bahwa strategi self-management berhasil mengurangi tingkat kecanduan siswa terhadap media sosial. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pre-test dan post-test didapatkan skor rata-rata pre-test 180,66 dan skor rata-rata post-test 71,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan  strategi self-management  dapat digunakan untuk mengurangi kecanduan media sosial pada siswa di SMA.

 

 

Kata Kunci : Penerapan, Self-Management, Kecanduan, Media Sosial, SMA

Published
2016-05-19
Abstract Views: 276
PDF Downloads: 1064