PENERAPAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KONFORMITAS PADA TEMAN SEBAYA DI SMP BILINGUAL TERPADU AL AMANAH JUNWANGI, KRIAN

  • LOUNDRA MANTOVANI

Abstract

Masa remaja adalah masa pencarian identitas diri agar diakui oleh teman sebayanya agar dapat diperhatikan oleh lingkungan pergaulannya. Konformitas merupakan cara seseorang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan atau ikut-ikutan teman sebaya dimana nantinya akan mengarahkan diri ke arah yang dapat mengubah perilaku mereka.

Subyek dalam penelitian ini adalah 10 siswi yang mengalami tingkat konformitas tinggi pada teman sebaya dengan menggunakan teknik purposive sampling. Para siswa kebanyakan melakukan konformitas dikarenakan takut untuk menolak ajakan teman seperti membolos, mereka takut jika menolak ajakan tersebut maka dia akan dijauhi oleh teman-teman mereka. Adapun pemberian teknik self instruction melalui 6 tahapan dalam menurunkan tingkat konformitas pada teman sebaya, yaitu terdapat tahapan overt self guidance dimana siswa diminta untuk mengarahkan diri ke arah positif seperti menolak ajakan teman untuk sekedar berkumpul dikarenakan mereka masih memiliki kepentingan yang harus didahulukan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik dengan analisis uji tanda.

Hasil yang diperoleh menunjukkan p = 0,049 < 𝒶 = 0,05 yang dapat diartikan sebagai adanya perbedaan tingkat konformitas pada teman sebaya sebelum dan sesudah pemberian perlakuan pada subyek shingga hal tersebut dapat menurunkan tingkat konformitas siswi, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan teknik self instruction dapat menurunkan tingkat konformitas pada teman sebaya di SMP Bilingual Terpadu Al Amanah Junwangi, Krian.

Kata kunci: Teknik Self Instruction, Konformitas pada Teman Sebaya

Published
2016-05-23
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 60