PENGEMBANGAN APLIKASI BIMBINGAN PRANIKAH BERBASIS DEKSTOP PADA MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

  • MILA AULIYANTI

Abstract

Penelitian dilaksanakan untuk memberikan layanan informasi mengenai bimbingan pranikah. Penelitian ini dilakukan kepada 50 Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya yang kurang memiliki pengetahuan mengenai pranikah, berdasarkan angket kebutuhan yang di ambil secara acak. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu mahasiswa untuk memenuhi tugas perkembangan individu sesuai dengan standar kemandirian mahasiswa menuju kesiapan kehidupan dalam rumah tangga. Pengembangan di lakukan melalui beberapa tahapan dengan studi pendahuluan, pengembangan produk awal, penilaian, dan uji calon pengguna kepada mahasiswa.

Produk penelitian ini berupa aplikasi berbasis desktop berisikan beberapa sajian. Sajian pertama mengenai bimbingan pranikah mulai dari pengertian, tujuan dan manfaat. Sajian kedua materi bimbingan pranikah meliputi psikologi perkawinan, umur yang ideal dalam pernikahan, kriteria memilih pasangan, hukum perkawinan, administrasi dalam pernikahan, vaksin bagi calon pengantin, peran suami dan istri, menuju keluarga sakinah, konflik dalam perkawinan. Sajian ketiga berupa tips, agar terhindar dari pergaulan di luar pernikahan. Sajian keempat adalah evaluasi, guna mengukur tingkat pemahaman mahaiswa terhadap materi yang telah di berikan.

Dari hasil penilaian akseptabilitas perolehan rata-rata penilaian dari uji ahli BK, uji ahli media dan calon pengguna dengan hasil 90,01 %, maka aplikasi bimbingan pranikah yang di kembangkan telah memenuhi keriteria akseptabilitas sehingga aplikasi bimbingan pranikah di kategorikan sangat baik dan tidak perlu di revisi.

 

Kata Kunci : Bimbingan Pranikah, Aplikasi Berbasis Dekstop

Published
2016-05-23
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 161