PERILAKU BULLYING PADA MAHASISWA FAKULTAS BAHASA DAN SENI (FBS) DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 

  • DYAH DESTI HAPSARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis perilaku bullying, peran mahasiswa yang melakukan bullying, karakteristik mahasiswa yang menjadi pelaku dan korban bullying serta untuk mengetahui akibat dari perilaku bullying yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan menggunakan teknik random sampling untuk mengambil sampelnya, didapat 3 angkatan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) sebagai sampel dari penelitian yaitu mahasiswa angkatan 2011, mahasiswa angkatan 2012, dan mahasiswa angkatan 2013. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa pada mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya secara keseluruhan terdapat perilaku bullying pada mahasiswa dan perilaku bullying yang banyak terjadi yaitu perilaku bullying pada jenis verbal, isyarat, dan pengucilan sedangkan perilaku bullying jenis fisik, pemalakan, dan cyberbullying kecil terjadi pada mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya. Pada perilaku bullying di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya terdapat peran yaitu pelaku bullying (49%), asisten bully (45%), korban (61%), pengikut (52%), pembela (75%), dan penonton yang tidak perduli (61%). Karakteristik mahasiswa yang menjadi pelaku bullying di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya yaitu tidak mempunyai empati, mempunyai fisik yang kuat, dan mudah terprovokasi sedangkan korban bullying mempunyai karakteristik pendiam, mempunyai fisik yang lemah, dan merasa rendah diri, sedangkan dampak bullying mengakibatkan rasa rendah diri, frustasi, dan depresi bagi korbannya.

Kata kunci: bullying, mahasiswa yang melakukan perilaku bullying 

Published
2016-06-16
Abstract Views: 361
PDF Downloads: 1480