PENERAPAN PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL OLEH BIMBINGAN TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MENGANTI

  • RIOWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pelatihan keterampilan sosial oleh bimbingan teman sebaya untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperiment. Bentuk desain penelitian ini adalah one grup pre tes-post test design dengan memberikan pelatihan keterampilan sosial oleh bimbingan teman sebaya sebagai bentuk perlakuannya  berupa pemberian  tujuh materi (self awarnes dan self esteem,berpikir positif, manajeme stress, belajar asertiv, komunikasi dan hubungan interpersonal,simpati dan empati, serta keragaman budaya serta pelatihan dengan modeling, roll playing, performance feedback  dan  stransfer training.Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket penyesuaian sosial untuk mendapatkan data tingkat penyesuaian siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Menganti.Subyek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII D yang memiliki skor penyesuaian sosial kategori rendah.

 

Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan mengunakan uji tanda. Hasil analisis menunjukkanbahwa nilai ρ lebih 0.016 lebih kecil dari α 0.05.maka dapat disimpulkan bahwa harga 0.016 < 0.05 dan terdapat perbedaan antara mean skor pre-test 195 dan mean skor post-test 209 sehingga menghasilkan selisih sebesar 14. Berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada perbedaan tingkat penyesuaian siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan keterampilan sosial oleh bimbingan teman sebaya dapat meningkatkan penyesuaian siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Menganti

 

Kata kunci: Pelatihan Keterampilan Sosial, Bimbingan Teman Sebaya, Penyesuaian Sosial.

Published
2016-06-28
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 243