PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PEMILIHAN KARIR BERBASIS TEORI TRAIT DAN FACTOR UNTUK SISWA KELAS 10 SMAN 1 GRESIK

  • KHABIBATUL ROCHMAWATI

Abstract

Penelitian ini menggunakan bukupan duansebagai media. Tujuan penelitianini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa buku panduan pemilihan karier berbasisteori trait and factor untuksiswa SMA.Produkpengembangan yang dihasilkanterdiridariduabukuyaitubuku1 :panduanuntukkonselor, buku 2 : panduanuntuksiswa. Media tersebut dikembangkan dengan memenuhi kriteria akseptabilitas (kegunaan, kelayakan, kepatutan, danketepatan).

Dalam proses pengembangannya, pengembang menggunakan model pengembangan Borg and Galls (1983) yang telah disederhanakan menjadi lima tahap oleh tim Puslitjaknov sebagai acuan. Terdapat tiga tahap yang dilaksanakan dalam penelitian ini, yaitu analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna adalah presentase. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui kelayakan buku panduan pemilihan karier yang memenuhi kriteria akseptabilitas.

Dari hasil uji coba dengan ahli materi diperoleh rerata presentase sebesar 91,25%, hasil ahli media diperoleh 75%. Kemudian dari hasil uji coba dengan ahli pengguna diperoleh rerata 90%. Selanjutnya rata-rata dari semua presentase hasil validasi adalah 85,42%. Setelah mendapatkan data tersebut dihasilkan pula data kualitatif berupa saran atau masukan untuk perbaikan produk. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka buku panduan pemilihan karier untuk siswa SMA telah memenuhi kriteria akseptabilitas dengan predikat sangat baik dan dapat digunakan oleh konselor dalam memberikan layanan bimbingan karier di sekolah.

 

Kata kunci: Pengembangan,  Buku Panduan, Pemilihan Karier

Published
2016-06-28
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 247