PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI UNTUK PEMAHAMAN GAYA HIDUP HEDONISME SISWA KELAS XI DI SMAN 3 SIDOARJO

  • RITZNOR GEMILANG

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena perubahan kehidupan manusia, terutama dikalangan remaja yang saat ini telah mengikuti gaya hidup hedonisme. Perubahan gaya hidup hedonisme dikalangan remaja umumnya membeli sesuatu tidak berdasarkan kebutuhan, akan tetapi lebih mengarah pada pemenuhan  kebutuhan  psikologis. Hal tersebut membuat pentingnya pemahaman mengenai gaya hidup hedonisme untuk siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa booklet sebagai media layanan informasi untuk memberi pemahaman tentang gaya hidup hedonisme yang memenuhi aspek kelayakan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg & Gall (1983) yang disederhanakan menjadi lima tahap. Adapun prosedur penelitian yang dilakukan yaitu analisis produk yang dikembangkan, pengembangan produk, uji validasi ahli materi dan media, uji validasi calon pengguna, revisi dan produk akhir.

                Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi bimbingan dan konseling diperoleh rerata persentase kelayakan sebesar 83,7%. Hasil uji validasi ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 84,4%. Sedangkan hasil penilaian uji calon pengguna yaitu guru BK SMAN 3 Sidoarjo, menunjukkan tingkat kelayakan produk sebesar 81%. Sehingga diperoleh rerata hasil penilaian dari para ahli adalah sebesar 83,03%. Keseluruhan persentase hasil uji validasi jika dibandingkan dengan kriteria kelayakan produk menurut Mustaji (2005) adalah sangat baik, dan tidak perlu direvisi.  Simpulan hasil penelitian ini adalah dihasilkan produk berupa booklet sebagai media layanan informasi untuk memberi pemahaman tentang gaya hidup hedonisme untuk siswa sekolah menengah atas.

Kata kunci: Booklet, Layanan informasi, Gaya hidup hedonisme

Published
2016-07-14
Abstract Views: 914
PDF Downloads: 1121