PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN KONFLIK INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS XI APK DI SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO

  • DONNY REZHA AKBARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan konflik interpersonal pada siswa kelas XI APK di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket keterampilan pemecahan konflik interpersonal untuk memperoleh data tingkat keterampilan siswa kelas XI APK pada pemecahan konflik interpersonal. Subyek dalam penelitian ini adalah 8 siswa dari kelas XI APK 1 dan XI APK 2 yang memiliki skor keterampilan pemecahan konflik interpersonal yang rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametik analisis uji tanda. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai ρ = 0,004 yang lebih kecil dari α = 0,05. berdasarkan hasil ini maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan diketahui rata-rata pre-test 84,375 dan rata-rata post-test 89,375. Hipotesis penelitian ini yang berbunyi ”Ada perbedaan yang signifikan skor keterampilan pemecahan konflik interpersonal sebelum dan sesudah diberikan penerapan bimbingan kelompok teknik diskusi” dapat diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan keterampilan pemecahan konflik interpersonal pada siswa kelas XI APK di SMKN 1 Sooko Mojokerto.

 

 

Kata kunci : Bimbingan kelompok Teknik Diskusi, Konflik Interpersonal

 

Published
2016-07-19
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 157