PENGGUNAAN STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BUDAYA SISWA PADA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan storytelling terhadap peningkatan kesadaran budaya siswa kelas Empat B SDN Kedung Cowek 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen (kuantitatif) dengan jenis pretest-posttest one group design dalam pemberian storytelling dengan menggunakan konseling kelompok. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa yang memiliki kesadaran budaya rendah. Analisis data ini menggunakan statistik non parametik dengan mengunakan uji tanda. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa ρ= 0,004 menunjukan lebih kecil dibandingkan dengan α=0,5. Dengan demikian Ha diterima dan H0 di tolak, sehingga ada perbedaan kesadaran budaya siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Storytelling dapat meningkatkan kesadarn budaya siswa pada sekolah dasar
Kata kunci : Kesadaran Budaya, Storytelling, Konseling Kelompok
PDF Downloads: 236