PENGEMBANGAN MEDIA KETERAMPILAN DASAR KONSELING BERBASIS SOFTWARE DALAM LAYANAN INFORMASI DI SMAN 11 SURABAYA

  • MEI MELINDA

Abstract

 Penelitian ini menggunakan software sebagai media. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa media keterampilan dasar konseling berbasis software untuk siswa yang menjadi konselor sebaya di SMA. Produk pengembangan yang dihasilkan terdiri dari dua produk, yaitu produk 1: media keterampilan dasar konseling berbasis software berisi 17 materi keterampilan dasar konseling yang meliputi keterampilan attending, keterampilan opening, keterampilan acceptance, keterampilan restatement, keterampilan reflection of feeling, keterampilan clarification, keterampilan paraprashing, keterampilan structuring, keterampilan leading, keterampilan silence, keterampilan reassurance, keterampilan rejection, keterampilan advice, keterampilan summary, keterampilan konfrontasi, keterampilan interpretasi, dan keterampilan termination, 2: buku panduan media keterampilan dasar konseling berbasis software. Media tersebut dikembangkan dengan memenuhi kriteria akseptabilitas (kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan).

Dalam proses pengembangannya, pengembang menggunakan model pengembangan oleh tim Puslitjaknov sebagai acuan. Terdapat tiga tahap yang dilaksanakan dalam penelitian ini, yaitu analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna adalah presentase. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui kelayakan media keterampilan dasar konseling  berbasis software yang memenuhi kriteria akseptabilitas.

Berdasarkan hasil uji validasi kepada  ahli Bimbingan dan Konseling, media keterampilan dasar konseling  berbasis software memperoleh persentase dengan kriteria kegunaan sebesar 100%, kriteria kelayakan sebesar 90,9%, kriteria kepatutan sebesar 85,5%, dan kriteria ketepatan sebesar 97,5%. Rata-rata dari keseluruhan kriteria adalah 93,47%. Dari  hasil tersebut, menurut Mustaji (2005), produk tersebut telah memenuhi kriteria sangat baik dan tidak perlu revisi. Sedangkan untuk hasil uji calon pengguna produk (guru BK SMAN 11 Surabaya diperolah persentase dengan kriteria kegunaan 100%, kriteria kelayakan sebesar 93,18%, kriteria kepatutan sebesar 90,38%, dan kriteria ketepatan sebesar 100%. Rata-rata dari keseluruhan kriteria adalah 95,89%. Dari hasil tersebut, menurut Mustaji (2005), produk tersebut telah memenuhi kriteria sangat baik dan tidak perlu revisi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media keterampilan dasar konseling  berbasis software telah memenuhi kriteria akseptabilitas.

 

Kata kunci: Keterampilan Dasar Konseling, Software, Layanan Informasi

Published
2016-07-28
Abstract Views: 162
PDF Downloads: 436