PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA SMP NEGERI 2 MENGANTI GRESIK

  • YOSUA SATRIO HARDIKNAS

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Menganti mengindikasikan gejala konsep diri positif yang rendah, hal itu ditunjukkan adanya siswa yang mudah marah, mau menang sendiri, saling mencela satu dengan yang lain, sering berbuat semaunya dan cenderung melanggar tata tertib sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan diskusi untuk meningkatkan konsep diri positif siswa SMP Negeri 2 Menganti. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan jenis pre ekperimental dan desain one group pretest-postest dengan teknikdiskusi sebagai bentuk perlakuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C sebanyak 5 siswa. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan metode uji tanda. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai ρ 0,031 lebih kecil dari α 0,05. Dari hasil analisis data tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima sehinga terdapat perbedaan tingkat konsep diri positif siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan mean pretest sebesar 63,2 dan mean posttest sebesar 103,4 sehingga menghasilkan selisih sebesar 40,2. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan konsep diri positif siswa SMP Negeri 2 Menganti.

 

 

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Konsep Diri Positif.

Published
2016-08-12
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 51