PENERAPAN LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM KORBAN VERBAL BULLYING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 SURABAYA
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan di SMA Negeri 11 Surabaya, ditemukan siswa yang terindikasi memiliki kecenderungan self-esteem korban verbal bullying yang rendah. Karakteristik yang diperlihatkan seperti malu, gelisah, tertekan, sedih, jarang ngbrol dengan teman, diam, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan skor self-esteem korban verbal bullying antara sebelum dan sesudah diterapkan Latihan Asertif pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen design dengan jenis pre-test post-test one group design, sedangkan subyek penelitiannya adalah 8 siswa kelas XI-IPS 3 dan XI-IPA 4 yang memiliki self-esteem korban verbal bullying yang rendah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki self-esteem korban verbal bullying yang rendah yakni dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tanda. Hasil analisis uji tanda menunjukan bahwa tanda positif (+) berjumlah 8 sehingga N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) adalah 8 dan x (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Kemudian dikonsultasikan dengan tabel tes binominal dengan ketentuan N=8 dan x=0 dengan α = 5 % maka diperoleh ρ = 0,005. Dapat disimpulkan bahwa 0,004 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan jumlah skor yang diperoleh siswa yang memiliki self-esteem korban verbal bullying yang rendah sesudah diberikan latihan asertif pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya.
Kata Kunci: Latihan asertif, Self-esteem, Korban verbal bullying
PDF Downloads: 147