PENERAPAN LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM KORBAN VERBAL BULLYING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 SURABAYA

  • SURYA WIJAYANTI

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan di SMA Negeri 11 Surabaya, ditemukan siswa yang terindikasi memiliki kecenderungan self-esteem korban verbal bullying yang rendah. Karakteristik yang diperlihatkan seperti malu, gelisah, tertekan, sedih, jarang ngbrol dengan teman, diam, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan skor self-esteem korban verbal bullying antara sebelum dan sesudah diterapkan Latihan Asertif pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen design dengan jenis pre-test post-test one group design, sedangkan subyek penelitiannya adalah 8 siswa kelas XI-IPS 3 dan XI-IPA 4 yang memiliki self-esteem korban verbal bullying yang rendah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki self-esteem korban verbal bullying yang rendah yakni dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tanda. Hasil analisis uji tanda menunjukan bahwa tanda positif (+) berjumlah 8 sehingga N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) adalah 8 dan x (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Kemudian dikonsultasikan dengan tabel tes binominal dengan ketentuan N=8 dan x=0 dengan α = 5 % maka diperoleh ρ = 0,005. Dapat disimpulkan bahwa 0,004 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan  diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan jumlah skor yang diperoleh siswa yang memiliki self-esteem korban verbal bullying yang rendah sesudah diberikan latihan asertif pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya.

 

Kata Kunci: Latihan asertif, Self-esteem, Korban verbal bullying

Published
2016-08-24
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 147