PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMP NEGERI 2 MENGANTI GRESIK

  • IMMANUEL OKI DONO

Abstract

Komunikasi merupakan bagian dari kehidupan manusia itu sendiri.Komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan manusia.Komunikasi memiliki fungsi tidak hanya sebagai pertukaran informasi dan pesan tapi sebagai kegiatan individu dan kelompok mengenai tukar menukar data, fakta dan ide.Agar komunikasi berlangsung efektif dan informasi yang disampaikan oleh sesorang komunikan dapat diterima dan dipahami dengan baik, maka sangat penting bagi seseorang untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi.Pada seorang siswa juga diperlukan komunikasi dalam menunjang kegiatan belajar mengajarnya baik di sekolah maupun di masyarakat dan lingkungan keluarga.Pada lingkungan sekolah penting memiliki komunikasi interpersonal yang baik untuk membantu siswa dalam berinteraksi dengan temannya disekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 2 Menganti. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan jenis pre ekperimental dan desain one group pretest-postest dengan pemberian permainan sebagai bentuk perlakuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII G sebanyak 8 siswa.Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan metode uji tanda. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai ρ 0,004 lebih kecil dari α 0,05. Dari hasil analisis data tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima sehinga terdapat perbedaan tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan mean pretest sebesar 131 dan mean posttest sebesar 144 sehingga menghasilkan selisih sebesar 13. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok teknik permainan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 2 Menganti

 

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Permainan, Kemampuan Komunikasi Interpersonal.

Published
2016-08-25
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 371