PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOUR CONTRACT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA DI SMK KAWUNG 2 SURABAYA

  • OVILA PRISKA DEWI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa banyak siswa yang membolos, baik membolos mata pelajaran, maupun membolos sekolah. Akibatnya dari diri siswa atau individu yang membolos, prestasi disekolah akan menurun.

Permasalahan peneilitian ini adalah Apakah penerapan konseling kelompok dengan teknik behaviour contract efektif untuk mengurangi perilaku mmebolos pada siswa di SMK Kawung 2 Surabaya ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan Single Subject Desain (SSD) dengan banyak subyek penelitian 5 siswa. Penelitian  dilaksanakn dalam waktu selama 1 bulan dengan menggunkan instrumen pedoman observasi siswa, yaitu absensi, dokumentasi.

Berdasarkan  simpulan hasil penelitian direkomendasikan pada konselor/ Guru BK untuk menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik behaviour contracta dalam mengurangi perilaku mmebolos sekolah peserta didik di SMK Kawung 2 Surabaya.

 

Kata Kunci: Konseling Kelompok, Behaviour Contract (kontrak perilaku), Perilaku membolos.

Published
2016-08-25
Abstract Views: 376
PDF Downloads: 560