PENERAPAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 SURABAYA

  • ISNA MUFTIANA YUNAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan skor kemampuan mengemukakan pendapat siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan teknik self-instruction pada siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen design dengan jenis pre-test post-test one grup design, sedangkan subyek penelitiannya terdiri dari 8 siswa kelas VIII-F yang diketahui memiliki kemampuan mengemukakan pendapat yang rendah.

            Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki kemampuan mengemukakan pendapat yang rendah adalah dengan menggunakan angket yang telah disebar kepada 31 siswa di kelas VIII-F. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tanda. Dan diketahui hasil dari analisis uji tanda menunjukkan bahwa tanda positif (+) berjumlah 8 sehingga N (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Kemudian dikonsultasikan dengan tabel tes binominal dengan ketentuan N = 8 dan x = 0 dengan α = 5% maka diperoleh ρ = 0,004. Dapat disimpulkan bahwa 0,004 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Juga berdasarkan rata-rata skor pre-test sebesar 104,75 dan rata-rata skor post-test sebesar 143,87. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan jumlah skor yang diperoleh siswa yang memiliki kemampuan mengemukakan pendapat yang rendah sesudah diberikan teknik self-instruction pada siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Surabaya.

 

 

Kata kunci : Teknik self-instruction, kemampuan mengemukakan pendapat 

Published
2016-08-31
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 171