PENGEMBANGANMEDIA VIDEO ANIMASI JENDELA KARIER BERBASIS FLASH PLAYER DALAM LAYANAN INFORMASI PERENCANAAN KARIER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • ADYNA NUR KAMILA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa video animasi perencanaan karier untuk siswa SMP. Produk pengembangan yang dihasilkan terdiri dari 1 CD atau file media video animasi jendela karier dan 1 buku panduan untuk konselor. Media tersebut dikembangkan dengan memenuhi kriteria akseptabilitas (kegunaan, kelayakan, kepatutan, dan ketepatan).

Dalam proses pengembangannya, pengembang menggunakan model pengembangan Borg and Galls yang telah disederhanakan menjadi lima tahap oleh tim Puslitjaknov (2008) sebagai acuan. Terdapat tiga tahap yang dilaksanakan dalam penelitian ini, yaitu analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna adalah presentase. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui kelayakan buku panduan pemilihan karier yang memenuhi kriteria akseptabilitas.

Dari hasil uji coba dengan ahli materi diperoleh rerata presentase sebesar 90,62%, hasil ahli media diperoleh 84,1%. Kemudian dari hasil uji coba dengan ahli pengguna diperoleh rerata 88,7%. Selanjutnya rata-rata dari semua presentase hasil validasi adalah 87,8%. Setelah mendapatkan data tersebut dihasilkan pula data kualitatif berupa saran atau masukan untuk perbaikan produk. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka video animasi jendela karier telah memenuhi kriteria akseptabilitas dengan predikat sangat baik dan dapat digunakan oleh konselor dalam memberikan layanan bimbingan karier di sekolah.

 

Kata Kunci: Pengembangan,  Video Animasi, Perencanaan Karier

Published
2016-08-31
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 114