PENERAPAN KONSELING RASIONAL EMOTIF PERILAKU (REP) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAMPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling rasional emotif perilaku dalam meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-test and post- test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat percaya diri siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa yang teridentifikasi memiliki skor percaya diri rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik non parametrik dengan menggunakan uji tanda. Dari hasil perhitungan yang diperoleh dalam penelitian ini dapat diketahui > maka nilainya 0,008 > 0,05, sedangkan mean pre-test sebesar 125,57 dan mean post-test sebesar 138,9 sehingga menghasilkan selisih sebesar 13,33. Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian berbunyi “ penerapan konseling rasional emotif perilaku dapat meningkatkan percaya diri pada siswa “ dapat diterima.
Kata Kunci : Konseling rasional emotif perilaku, Percaya Diri.
Downloads
Abstract views: 28
,
PDF Downloads: 104