PENERAPAN KONSELING RASIONAL EMOTIF PERILAKU (REP) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAMPANG

Authors

  • SUMAIRAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling rasional emotif perilaku dalam meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-test and post- test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat percaya diri siswa. Subjek  dalam penelitian ini  berjumlah 7 siswa yang teridentifikasi memiliki skor percaya diri rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah  teknik statistik non parametrik dengan  menggunakan uji tanda. Dari hasil perhitungan yang diperoleh dalam penelitian ini dapat diketahui  >  maka nilainya 0,008 > 0,05, sedangkan mean pre-test sebesar 125,57 dan mean post-test sebesar 138,9 sehingga menghasilkan selisih sebesar 13,33. Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian berbunyi “ penerapan konseling rasional emotif perilaku dapat meningkatkan percaya diri pada siswa “ dapat diterima.

Kata Kunci : Konseling rasional emotif perilaku, Percaya Diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-27
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 104