PENERAPAN PERMAINAN SELF DEVELOPMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMPN 2 SEKARAN LAMONGAN
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti di SMPN 2 Sekaran lamongan, terdapat 7 siswa yang memiliki kemampuan keterbukaan diri yang rendah. Dengan demikian, salah satu alternatif bantuan yang diberikan untuk meningkatkan keterbukaan adalah menggunakan bimbingan kelompok model permainan self development. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan permainan self development dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa kelas VIII SMPN 2 Sekaran. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa pre-test and post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat keterbukaan diri di kelas VIII SMPN 2 Sekaran Lamongan. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas VIII-B SMPN 2 Sekaran Lamongan yang teridentifikasi memiliki skor keterbukaan diri yang rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu non parametrik dengan analisis statistik uji tanda. Berdasarkan analisis data diperoleh ρ = 0,031 dengan taraf kesalahan α = 5% atau 0,05 maka ρ < α. Dari hasil analisis tersebut dapat dilihat adanya peningkatan skor setelah diberi perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan self development dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan ketrbukaan diri siswa kelas VIII-B SMPN 2 Sekaran Lamongan.
Kata kunci : Permainan Self Development, Bimbingan Kelompok, Keterbukaan Diri
PDF Downloads: 271