PENERAPAN TEKNIK BIBLIOKONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 DURENAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2012/2013

  • FRIDA NURUL MAGHFIROH

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik bibliokonseling dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Durenan Trenggalek.

Jenis penelitian ini adalah Pre-Experiment dengan jenis One-Group Pre-test and Post-test Design. Subyek penelitian ini adalah 7 siswa kelas IX SMP Negeri 2 Durenan Trenggalek yang memiliki prestasi rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi berprestasi. Jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban yang terdiri dari sangat sesuai, sesuai, kurang sesuai, dan tidak sesuai. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji tanda (sign test).

Setelah diadakan analisis dengan menggunakan uji tanda, dapat diketahui bahwa ρ = 0,008 lebih kecil dari α sebesar 5% = 0,05. Artinya setelah penerapan konseling kelompok teknik bibliokonseling siswa mengalami peningkatan motivasi berprestasi.

Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa ada perbedaan skor antara sebelum dan sesudah penerapan teknik bibliokonseling terhadap peningkatan motivasi berprestasi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Durenan Trenggalek. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik bibliokonseling dapat digunakan untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi berprestasi.

 Kata kunci : Teknik Bibliokonseling, Motivasi Berprestasi

Published
2013-02-04
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 78