PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS VIII-A

  • RIFANI SUCI ELFARINI

Abstract

Pemahaman siswa yang kurang terhadap pentingnya menanamkan perilaku asertif dalam kehidupan sehari-hari membuat siswa tidak dapat mengekspresikan perasaan dan keinginan yang ada dalam diri mereka masing-masing. Salah satu upaya yang telah dilakukan guru BK untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang perilaku asertif adalah melaksanakan layanan informasi melalui metode ceramah klasikal saja namun hasil yang diperoleh belum cukup baik. Salah satu cara untuk menciptakan suasana nyaman, tidak membosankan dan menyenangkan dalam bimbingan adalah dengan bermain. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang dapat menarik minat dan mengaktifkan semua siswa. Media tersebut adalah permainan monopoli.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan monopoli untuk meningkatkan pemahaman tentang perilaku asertif pada siswa kelas VIII A. Hasil akhir dari penelitian ini adalah seperangkat permainan monopoli untuk meningkatkan pemahaman tentang perilaku asertif siswa kelas VIII A.

Hasil uji kevalidan permainan oleh ahli media sebesar 93% dengan keterangan valid. Data hasil uji kevalidan permainan oleh ahli materi sebesar 92% keterangan valid. Secara keseluruhan berdasarkan kriteria kelayakan produk, dapat disimpulkan bahwa permainan tersebut masuk dalam kriteria valid sehingga layak digunakan. Jadi penggunaan permainan ini cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman tentang perilaku asertif siswa kelas VIII A.

Keywords : permainan monopoli, pemahaman tentang perilaku asertif

Published
2013-02-04
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 144