PPENERAPAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN MOTIVASI MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI PANGGUL TRENGGALEK

  • RANDHI PURNAMA PUTRA

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penerapan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling  pada kelas XII IPS3 SMA Negeri 1 Panggul, Trenggalek. Penelitian ini menggunakan Pre-Test post-tes one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi siswa  memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian ini 7 orang siswa yang memiliki skor motivasi memanfaatkan layanan bimbingan konseling yang rendah.

Teknik analisi data yang digunakan yaitu non parametrik dengan analisis statistik uji jejnjang wilcoxson. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji jenang bertanda Wilcoxson, diketahui bahwa T hitung < T Tabel (0<2( debfab taraf signifikasi 5% dan N = &, maka hipotesis penelitian diterima dan dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi layanan bimbingan dan konseling pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panggul, Trenggalek.

Kata Kunci : Konseling Kelompok, motivasi siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling

 

Published
2013-02-04
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 44