PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PONOROGO
Abstract
Berdasarkan hasil asessmen kebutuhan yang telah dilakukan oleh peneliti terdapat 9 siswa yang memiliki keterampilan bertanya yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experimental design berupa one group pre test post test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban untuk mengetahui skor keterampilan bertanya siswa. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic non parametric dengan Uji Tanda (Sign Test) Hasil analisis menunjukan bahwa nilai ρ = 0,0352 lebih kecil dari σ = 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan bertanya siswa antara sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian tersebut, guru pembimbing atau konselor sekolah dapat menerapkan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa.
Kata Kunci: Keterampilan bertanya, Bimbingan kelompok, Teknik sosiodrama
Downloads

