PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 34 SURABAYA

Authors

  • Eva Dwi Jayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling kelompok dengan teknik modeling simbolis dalam meningkatkan penerimaan diri pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 34 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test design. Subyek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Surabaya yang memiliki penerimaan diri rendah yang diukur menggunakan angket penerimaan diri. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik yaitu menggunakan metode uji tanda untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat penerimaan diri sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa N = 6 dan X = 0 maka ρ=0,016 dengan α sebesar 5 % atau 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ρ=0,016 > α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan terdapat perbedaan pada tingkat penerimaan diri sebelum dan sesudah pemberian teknik modeling simbolis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini yang berbunyi “Penerimaan diri dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok dengan teknik modeling simbolis pada siswa kelas VIII SMP N 34 Surabaya” diterima.

Kata kunci: Modeling Simbolis, Penerimaan diri

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-15
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 172