PETA MASALAH SANTRI DAN KESIAPAN GURU BK DI SMA PONDOK PESANTREN MODERN AL-AMANAH JUNWANGI, KRIAN
Abstract
Penelitian ini melatarbelakangi dimana pondok pesantren itu untuk mencetak santri yang berkualitas, akan tetapi masih banyak sekali permasalahan yang dihadapi santri. Sehingga kesiapan guru BK untuk membantu menyelesaikan masalah sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peta masalah santri dan kesiapan guru BK dalam mengentaskan masalah di Pondok Pesantren modern al-amanah junwangi, krian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif dan untuk memecahkan atau menjawab permasalahan yang sedang dihadapi pada situasi sekarang. Penelitan kualitatif deskriptif juga berarti penelitian yang dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena atau karakteristik individual. Data yang diperoleh dengan melancarkan dalam bentuk adopsi DCM (Daftar Cek Masalah), wawancara dengan guru BK dan pengurus pondok pesantren, serta analisis dokumen berupa profil serta dokumentasi pondok pesantren modern al-amanah junwangi, krian.
Dari analisa data yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa permasalahan santri berdasarkan aspek yang ada dalam DCM dengan penghitungan data secara keseluruhan (kelas X, XI, dan XII), maka dapat diketahui bahwa aspek masalah yang memiliki persentase tertinggi adalah Kebiasaan Belajar. Pedoman guru BK tertuang dalam Permendikbud No. 111 tahun 2014 yang menjelaskan tujuan layanan program BK adalah membantu santri mencapai perkembangan optimal dan kemandirian secara utuh dalam aspek pribadi, belajar, sosial dan karir. Hal tersebut mengacu pada kesiapan guru BK yang meliputi beberapa aspek seperti : beban kerja, latar belakang pendidikan, ketrampilan, kinerja dan kelengapan sarana prasarana
Kata kunci: peta masalah santri, kesiapan guru BK, pondok pesantren
Downloads

