PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET KOMUNIKASI INTERPRSONAL UNTUK LAYANAN INFORMASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KREMBUNG SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari studi lapangan di SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Pengembang mengambil data dengan melakukan metode observasi dan wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata siswa kelas X memiliki permasalahan dalam hal komunikasi interpersonal, serta belum adanya media yang digunakan untuk layanan informasi tentang komunikasi interpersonal.
Tujuan pengembangan media ini adalah menghasilkan suatu produk Media Booklet Komunikasi Interpersonal untuk mendukung fasilitas layanan bimbingan dan konseling, serta untuk membantu siswa agar lebih mudah dalam mendapatkan informasi tentang komunikasi interpersonal. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg and Gall (2008) yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov (2008).
Hasil pengembangan ini menggunakaan kriteria akseptabilitas (kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan). Adapun hasil rata-rata akseptabilitas yaitu penilaian ahli materi adalah (90%) sangat baik, tidak perlu direvisi. Penilaian ahli media (94%) sangat baik, tidak perlu direvisi. Penilaian ahli pengguna/konselor (90,14%) sangat baik, tidak perlu direvisi. Serta penilaian dari siswa mendapatkan hasil (94,25%) sangat baik, tidak perlu direvisi. Maka berdasarkan analisis data kuantitatif tersebut dapat disimpulkan bahwa booklet komunikasi interpersonal untuk layanan informasi siswa kelas X SMAN 1 Krembung telah memenuhi kriteria akseptabilitas dan layak untuk digunakan.
Kata kunci: Media Booklet, Komunikasi Interpersonal, Layanan Informasi
Downloads

