Pengembangan Buku Panduan Pengelolaan Marah untuk Siswa SMAN 1 Bubulan Bojonegoro

Authors

  • APRILIA RISKA DWI KURNIANDANI

Abstract

Studi pendahuluan di SMAN 1 Bubulan Bojonegoro dengan menyebarkan angket di kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPS 1 sebanyak 75 siswa dengan persentase sebanyak 69% siswa yang belum bisa mengelola marah. Hal itu juga ditunjukkan pada perilaku siswa yang tidak saling bertegur sapa karena bertengkar (baik itu dengan teman sekelasnya maupun teman luar kelasnya), kasus siswa yang mengeluarkan kata-kata kasar kepada teman yang membuatnya marah sehingga menyakiti hati dan perasaan temannya, bahkan kasus siswa yang memukul meja atau benda-benda di sekitarnya ketika sedang marah.

Hasil wawancara dengan guru BK juga menyebutkan bahwa pengelolaan marah siswa di SMAN 1 Bubulan Bojonegoro tergolong rendah. Guru BK sudah memberikan pencegahan berupa himbauan kepada siswa namun tidak berhasil, karena masih banyak perilaku siswa yang menunjukkan ketidakmampuan dalam mengelola marah. Oleh karena itu peneliti berupaya membantu Guru BK dalam mengatasi pengelolaan marah siswa dengan mengembangkan media berupa buku panduan yang dapat digunakan dan dijadikan acuan oleh guru BK.  Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menyusun sebuah buku panduan sebagai media cetak yang memenuhi kriteria akseptabilitas yang terdiri atas aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.

Pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Borg&Gall. Namun tidak secara keseluruhan menerapkan model penelitian tersebut karena adanya keterbatasan waktu yang diberikan sekolah kepada peneliti dalam melaksanakan penelitian. Peneliti hanya melaksanakan sampai pada tahap ke lima dari langkah-langkah penelitian Borg&Gall yaitu sampai langkah merevisi produk hasil uji coba. Subyek penelitian dalam pengembangan ini adalah guru BK/ Konselor yang nantinya akan menggunakan media buku panduan secara langsung.

Hasil penilaian kuantitatif dari dua validator ahli materi menunjukkan total perolehan yaitu 92 % dengan kriteria “sangat baik, tidak perlu direvisi”. Sedangkan penilaian ahli media mendapatkan total perolehan sebesar 89,5% dengan kriteria “sangat baik, tidak perlu direvisi”. Untuk penilaian uji calon pengguna mendapatkan nilai 90,6% dengan kategori kriteria “sangat baik, tidak perlu direvisi”.

Berdasarkan hasil penilaian secara kuantitatif tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa buku panduan pengelolaan marah untuk Siswa SMAN 1 Bubulan Bojonegoro dapat digunakan oleh Guru BK sebagai panduan dalam memberikan layanan BK terkait dengan pengelolaan marah siswa.

 

Kata Kunci: Pengembangan, buku panduan, pengelolaan marah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-11
Abstract views: 24 , PDF Downloads: 114