PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP SEBAGAI PENGENALAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CERME, GRESIK

Authors

  • MURBI ASTUTI NOVIANA RENGGANIS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa terkait manfaat kehadiran bimbingan dan konseling di sekolah. Sehingga pemanfaatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah kurang maksimal. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII, dikarenakan siswa kelas VII merupakan awal mengenal dan mengetahui keberadaan bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983) yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov (2008). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasikan sebuah produk yaitu media  pop-up  pengenalan bimbingan dan konseling komprehensif yang memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, kepatutan, dan ketepatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media  pop-up  telah memenuhi kriteria aspektabilitas. Nilai yang diperoleh dari ahli media 93,75%, ahli materi 94,24%, dan calon pengguna 90,85%. Dengan begitu, secara keseluruhan memperoleh rata-rata nilai sebesar 92,95%, dengan kategori nilai sangat baik, tidak perlu direvisi. Sedangkan, perhitungan uji lapangan skala kecil yang dihitung menggunakan uji t sampel berpasangan dan diperoleh hasil  thitung (27,7) > ttabel (2,26). Maka, dapat disimpulkan bahwa media pop-up pengenalan bimbingan dan konseling komprehensif telah memenuhi kriteria aspektabilitas untuk digunakan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cerme.

Kata kunci : Pengembangan, Media pop-up, pengenalan bimbingan dan konseling komprehensif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-12
Abstract views: 103 , PDF Downloads: 171