Abstract
Pada usia sekolah dasar sangat penting untuk memberikan kesadaran dan pengenalan wawasan karier. Peserta didik tidak diharuskan untuk memilih pekerjaan secara pasti, tetapi diwajibkan untuk memiliki wawasan yang luas mengenai jenis-jenis pekerjaan yang ada di dunia ini. Hal tersebut dianggap sangat tepat untuk mempersiapkan peserta didik di masa depan. Berdasarkan fenomena yang ditemui di lapangan, terdapat peserta didik yang masih membully pekerjaan orang tua. Hal itu tejadi karena peserta didik kurang memahami dan menghargai tugas suatu pekerjaan.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa permainan jenga pekerjaan yang dapat digunakan guru BK sebagai alternatif dalam menyampaikan layanan informasi karier mengenai berbagai macam pekerjaan. Sehingga peserta didik dapat memahami peran suatu pekerjaan dan mendapatkan wawasan karier yang luas mengenai macam-macam pekerjaan. Media permainan jenga pekerjaan ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi oleh Borg&Gall dalam Setyosari sebagai berikut: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk; (4) uji coba awal; (5) revisi produk. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi peneliti mendapatkan 98,38%, ahli media 83,3% untuk media permainan dan 92,7% untuk buku panduan. Sedangkan ahli bahasa diperoleh 96% dan calon pengguna 96,05%. Sehingga jika dibandingkan dengan kriteria penilaian menurut Riduwan (2010) angka 81-100% masuk dalam kualifikasi sangat baik dengan tidak perlu direvisi. Dengan demikian pengembangan media permainan jenga pekerjaan untuk pemberian layanan informasi karier di sekolah dasar telah memenuhi kriteria akseptabilitas meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.
Kata Kunci : Pekerjaan, Jenga pekerjaan, Informasi karier
Downloads

